PERSPEKTIF

Bisnis – Politik – Komunikasi

Semiotika: Tanda Dan Makna

Catatan Awal 1

Semua kenyataan cultural adalah tanda. Kita memang hidup di dunia yang penuh dengan tanda dan diri kitapun bagian dari tanda itu sendiri.

Tanda-tanda tersebut kemudian dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Manusia melalui kemampuan akalnya berupaya berinteraksi dengan menggunakan tanda sebagai alat untuk berbagai tujuan, salah satu tujuan tersebut adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan.


Komunikasi bukan hanya sebagai proses, melainkan komunikasi sebagai pembangkitan makna (the generation of meaning) . Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, setidaknya orang lain tersebut memahami maksud pesan kita, kurang kebih secara tepat. Supaya komunikasi dapat terlaksana, maka kita harus membuat pesan dalam bentuk tanda (bahasa, kata). Pesan-pesan yang kita buat, medorong orang lain untuk menciptakan makna untuk dirinya sendiri yang terkait dalam beberapa hal dengan makna yang kita buat dalam pesan kita. Semakin banyak kita berbagi kode yang sama, makin banyak kita menggunakan sistim tanda yang sama, maka makin dekatlah “makna” kita dengan orang tersebut atas pesan yang datang pada masing-masing kita dengan orang lain tersebut.

Semiotika merupakan bidang studi tentang tanda dan cara tanda-tanda itu bekerja (dikatakan juga semiologi). Dalam memahami studi tentang makna setidaknya terdapat tiga unsur utama yakni; (1) tanda, (2) acuan tanda, dan (3) pengguna tanda. Tanda merupakan sesuatu yang bersifat fisik, bisa dipersepsi indra kita, tanda mengacu pada sesuatu di luar tanda itu sendiri, dan bergantung pada pengenalan oleh penggunanya sehingga disebut tanda. Misalnya; mangacungkan jempol kepada kawan kita yang berprestasi. Dalam hal ini, tanda mengacu sebagai pujian dari saya dan ini diakui seperti itu baik oleh saya maupun teman saya yang berprestasi. Makna disampaikan dari saya kepada teman yang berprestasi maka komunikasi pun berlangsung.

About these ads

Oktober 14, 2006 - Posted by | Catatan

171 Komentar »

  1. iklan sebai kajian tanda dan makna maksudnya apa????? tolong diperjelas dan balas ke mailing list saya… mellon_noise@yahoo.com

    Komentar oleh melon | November 24, 2006 | Balas

  2. ass.. saya sedang meneliti iklan televisi dengan perspektif semiotika. n masih kesulitan mengenai mendapatkan informasi mengenai semiotika visual.. mohon bantuannya. Trims

    Komentar oleh Melvin | November 27, 2006 | Balas

  3. ass..sat ini saya sedang meneliti iklan fasgion di majalag dengan menggunakan semiotika roland barthes tetapi sampai sekarang saya masih mengalamu kesulitan dalam mencari buku tentang semiologi roland barthes. dalam menganalisis iklan, hubungan antara penanda-petanda-tanda itu seperti apa? lengkapi dengan contohnya ya…tolong dibalas ke mailing list saya….170_akocb@plasa.com

    Komentar oleh Yan | Februari 14, 2007 | Balas

  4. saya sedang meneliti ttg makna sebuah iklan televisi dg konsep leksia dan kode roland barthes.
    bisa jelaskan ngak leksia itu apa?minta penjelasannya mengenai kode-kode barthes.
    terima kasih.

    Komentar oleh thia | Februari 21, 2007 | Balas

  5. saat ini saya sedang mengerjakan tugar akhir mengenai semiotika novel. Kurang banged tt implementasinya……coz nantinya dicombine dengan perspektif social construction of reality. mohon dibantu, terima kasih………tlg kirim ke email saya dunk

    Komentar oleh noki | Maret 26, 2007 | Balas

  6. terutama paradigma-sintagma Saussure. emailnya ke nokluch@yahoo.com

    Komentar oleh noki | Maret 26, 2007 | Balas

  7. tolong dong, ku lagi cari referensi makna semiotika pada iklan cetak nee.. khususnya rokok. tolomg ya dibantu. tak tunggu.. bales ke emailku ya.. thanks..

    Komentar oleh indah | Maret 30, 2007 | Balas

  8. untuk referensi awal kamu bisa baca tulisan/buku dari Jhon Fiske, tuisan sangat ringan dan praktis koq atau buku dari alex sobur dengan judul SEMIOTIKA TANDA DAN MAKNA.

    Komentar oleh fahri firdusi | Maret 31, 2007 | Balas

  9. saat ini saya sedang meneliti tentang ilustrasi sebuah cover novel BEAUTIFUL STRANGER (OBSESI REMAJA YG INGIN TAMPIL CANTIK DAN SEMPURNA MELALUI BERBAGAI BEDAH PLASTIK)dapat dilihat pada gramedia.com karya HOPE DONAHUE. yang paling tepat saya memakai teori apa?
    konsep apa yg harus saya paparkan?
    MENURUT ANDA, saya menggunakan metode pierce, tepat tidak?menurut anda manakah yg termasuk ikon,indeks dan simbol?
    terima kasih, saya ingin sharing tentang tugas akhir ini..

    Komentar oleh yuandhika puspita w | April 3, 2007 | Balas

  10. saya saat ini meneliti mengenai gambar dalam komik/novel grafis Persepolis karya Marjane Satrapi, menurut anda teori apa yg cocok untuk menganalisis mengenai gambar dalam komik tersebut

    Komentar oleh dian | Mei 6, 2007 | Balas

  11. untuk mengetahui teori apa yang pas untuk membedah tentang komik, kamu harus pastikan dulu tujuan dari penelitian kamu, sederhananya apa sih yang akan kamu cari gitu loh? salah satu teori yang mungkin bisa jadi referensi kamu adalah teori konstruksi sosial dari peter L berger

    Komentar oleh fahri firdusi | Mei 9, 2007 | Balas

  12. saya sedang bikin skripsi mengenai representasi hantu perempuan dalam film horor kuntilanak.. menggunakan kajian semiotik.. saya merasa koq terlalu sempit ya?!!! tolong bantu saya , apa yang enaknya saya tekankan pada skripsi saya dengan judul tersebt dengan menggunakan semiotik.. thanx

    Komentar oleh nino depari | Mei 21, 2007 | Balas

  13. saat ini saya sedang meneliti smiotika iklan televisi (penggambaran perempuan dalam iklan kosmetik). tapi saya lagi bingung cari referensinya. Karena di kampus saya, belum ada penelitian tersebut. dimana ya saya bisa dapatin referensinya??truz saya akai endekatan teori barthes bener ga??saya tunggu balasannya. thanks

    Komentar oleh dewi | Mei 31, 2007 | Balas

  14. saya sedang melakukan penelitian mengenai simbol – simbol yang ada pada kain tapis (khas kerajinan masyarakat Lampung, jika saya ingin membedahnya menggunakan semiotika, apakah anda bisa memberi masukan kepada saya tentang referensi yang cocok yang saya butuhkan. Trimakasih

    Komentar oleh Thabita | Juni 3, 2007 | Balas

  15. kalo mau meneliti video klip, itu pake teori apa ya? saya belum mengerti benar nih soal semiotik…ada yang bisa bantu?

    Komentar oleh Astrian | Juni 8, 2007 | Balas

  16. saya jur. komunkasi dan sekarang saya lagi nyusun skripsi, mengenenai religiusme dalam novel ayat – ayat cinta(sebuah analisis semiotika), dengan menggunakan lima kode dari Barthes , ada yang bisa bantu ngejelasin bgmn cara membedah novel tsbt dengan lima kode barthes?pleaseeee….soon…

    Komentar oleh irha | Juni 17, 2007 | Balas

  17. ass.. saya mahasiswi jurusan komunikasi dan sedang menyusun skripsi, mengenai gaya hidup remaja sekarang yang terpengaruh oleh hedonisme.
    pertanyaan saya, teori apakah yang akan saya gunakan dalam penelitian saya? dan buku apa yang bisa saya gunakan untuk reverensi dalam penelitian saya?

    terima kasih…saya tunggu jawabannya.

    Komentar oleh cindy paramita | Juni 22, 2007 | Balas

  18. Dear cindy…untuk meneliti gaya hidup dapat digunakan berbagai macam teori, tergantung perspektif awal. perspektif atau paradigma menurut Dedy Mulyana akan menuntun kamu untuk menggunakan teori sampai teknik analisis yang akan digunakan dalam penelitian. Ada tiga paradigma dalam penelitian yaitu paradigma, positivis, kritis,dan konstruktivis kata Deddy N hidayat. so…apa pandanganmu tentang gaya hidup?

    Komentar oleh ray99 | Juni 22, 2007 | Balas

  19. gw tau satu buku yang banyak mengangkat tentang semiotika, judulnya “semiotika negativa”. mungkin buku ini dapat menjadi salah satu acuan dalam mempelajari semiotika.

    Komentar oleh xvader | Juli 3, 2007 | Balas

  20. intisari semiotika itu ap sech.???????
    gw lagi nliti video clip…..

    Komentar oleh first | Juli 3, 2007 | Balas

  21. Saya Ghoma mahasiswa komunikasi, sedang mengerjakan tugas akhir mengenai “Representasi Kaum Homoseksual dalam Film Arisan”. mohon bantuannya mengenai keterangan semiotika film ke email saya. terima kasih…

    Komentar oleh Ghoma | Juli 4, 2007 | Balas

  22. saya jur. komunkasi dan sekarang saya lagi nyusun skripsi, mengenenai religiusme dalam novel ayat – ayat cinta(sebuah analisis semiotika), dengan menggunakan lima kode dari Barthes , ada yang bisa bantu ngejelasin bgmn cara membedah novel tsbt dengan lima kode barthes? tinggal bab 4 nie…pleaseeee….soon…bls ke emailq yach..ierha_maya03@yahoo.co.id

    Komentar oleh irha | Juli 23, 2007 | Balas

  23. ierha_maya03@yahoo.co.id

    Komentar oleh irha | Juli 23, 2007 | Balas

    • ierha cantik…..iam your new admaier….!

      Komentar oleh pariawan | Mei 12, 2010 | Balas

      • oke lah kaloe bgtoe!
        ada lagi ngaak judul skripsimu?
        minta donk

        Komentar oleh twe | Oktober 28, 2010

  24. Saya jurusan komunikasi khususnya Jurnalistik. Lagi mo mlakukan penelitian semiotik tentang Karikatur di KOMPAS, hanya edisi Agustus..
    Kira2 apa saja yg saya perlukan untuk ke depannya ?
    Teori apa saja yang mendukung ?
    Kemudian paradigma apa yg paling tepat ?
    Bantuannya amat berharga sekali…
    tolong balas ke geewhilikins@gmail.com

    Komentar oleh Haryadhi | Agustus 1, 2007 | Balas

  25. mahasiswa komunikasi yang ingin meneliti komik jepang
    kalo pakai semiotika, apa saja yang perlu saya persiapkan? terimakasih

    Komentar oleh Nugroho | Agustus 1, 2007 | Balas

  26. ass…saya sedang mencari judul bwat skripsi..
    dan kynya menarik d kalo neliti semiotika film…
    tapi saya bingung semiotika film tu gmn c?

    Plis jelasin dong…

    Komentar oleh Fendricca | Agustus 10, 2007 | Balas

  27. aku mau neliti bahasa gaul pada film… kira2 kl pakai kajian semiotika bs gak? plizz jelasin dong.. thx b4

    Komentar oleh dyan | Agustus 10, 2007 | Balas

  28. ass..
    teman saya akhir2 ini sedang psing akibat jatuh cinta.
    kira2 gimana yah mengetahui klo cw yang dia naksir tuh punya tanda bakal suka sm dia..
    heheheh jelasnya tanda2 cinta gt..

    terima kasih
    sudah mau menjelaskan
    info bisa juga dikirim ke yun_piranha@yahoo.co.id

    Komentar oleh yunuz | September 2, 2007 | Balas

  29. mas Fahri,
    saya sedang menyusun sebuah skripsi mengenai analisis logo pada perusahaan tertentu dengan menggunakan kajian semiotika. kira-kira referensi buku apa saja yang saya perlukan untuk membantu kelancaran skripsi ini? saya sudah memiliki beberapa buku tentang warna dan semiotika(serba-serbi semiotika), kira2 kalo lewat internet saya bisa dapat artikel dialamat apa saja ya mas? atau buku apalagi yang menunjang? terimakasih, matur nuwun….

    Komentar oleh krisma | September 11, 2007 | Balas

  30. halo, saya sedang menyususn skripsi dengan meneliti pemaknaan bahasa iklan rokok A Mild nih dengan memakai teori Saussure, tapi belum pas untuk mencari pada media apa yang cocok untuk saya teliti. Apakah dari radio,tv,atau brosur.Dan referensi bukunya apa aja yah yang tepat untuk saya pelajari.Trimakasih

    Komentar oleh rizki | September 26, 2007 | Balas

  31. saya sedang meneliti tentang komik nonverbal di salah satu media massa, analisis semiotika visual adalah teori yang ingin saya gunakan untuk menafsirkan makna dari komik tersebut, tapi saya mendapat kesulitan ketika akan menentukan kerangka teori, dari mana saya harus memulai menerapkanya …??(atas bantuanya terima kasih)

    Komentar oleh faqih | Oktober 1, 2007 | Balas

  32. kirim donk yang lengkapnya… daftar pustaka

    Komentar oleh aira | Oktober 7, 2007 | Balas

  33. Saya mau nyusun skripsi tentang karikatur di koran Pikiran Rakyat Bandung, edisi Agustus saja.
    Saya pakai semiotika Roland Barthes
    Saya kesulitan dengan kerangka pemikirannya!
    Menurut buku kerangka pemikiran semiotika itu memakai kajian kritis. Tapi saya bingung kajian kritis itu seperti apa? dan bagaimana penerapannya dikaitkan dengan karikatur yang saya analisis.
    Mohon bantuannya, seperti apa isi dari kerangka pemikiran
    untuk semiotika roland Barthes itu? Mohon dikirim contoh kerangka pemikirannya…
    Dan referensi buku apa saja yang harus saya baca
    dalam meneliti karikatur di koran memakai Barthes?
    Tolong dijelaskan secara lengkap
    Terima kasih

    Komentar oleh Septi | Oktober 15, 2007 | Balas

  34. ass.
    saya sedang menyusun skripsi tentang iklan. dapatkah saya menggabungkan hiperealitas dengan semiotika barthes?
    terima kasih atas jawaban dan bantuan mas fahri.

    Komentar oleh titatu | Oktober 27, 2007 | Balas

  35. saya mw meneliti ttg semiotik iklan media cetak ttg iklan gudang garam versi HUT RI taon 2007.saya bingung langkah apa yg hrs saya ambil dahulu wat mengerjakan skripsi tuh?
    kerangka pemikirannya gmn?
    bgmna jg cara mulai mengerjakan ltr blkg mslhnya?
    buku ap aj yg hrs saya pakai?
    tlg bntuin yah. thx..

    Komentar oleh indah | Oktober 28, 2007 | Balas

  36. binggung ni lg buat skripsi iklan penelitiannya ttg konstruksi realitas atas citra selebriri tapi ko ga ada yang dasar teori yang secar jls membicarakan scr menyeluruh ttg pengaruh citra selebriti dgn konstruksi realitas sosial ya.. bantuin ya.. soalnya pakenya metode semiotika roland bartes ni

    Komentar oleh pablo | Oktober 30, 2007 | Balas

  37. lupa bantuin kirimnya ke email buat_skripsi_ku@yahoo.com

    Komentar oleh pablo | Oktober 30, 2007 | Balas

  38. waduw banyak juga ya yg ambil skripsi ttg semiotika…well sama juga saya tertarik untuk meneliti semiotika tentang iklan pro xl bebas versi Rp 1,-/detik yang modelnya perempuan itu.. .mau tanya ada rujukan buku yang bisa bantu bongkar untuk cari makna dari tanda2itu? saya sdh baca yang the history of sexualitynya foucault tapi kayanya rada sangsi…ada ga buku yang ngungkap kesejarahan tentang perempuan yang mulai jadi komoditas iklan?? biar rujukan semiotik ke situ…tolong banget banget… ke farrah_project@yahoo.com di tunggu banget

    Komentar oleh farrah | Oktober 31, 2007 | Balas

  39. Saya sulit memahami kajian semiotika yang dikemukanan oleh ‘Mbahnya’ Semiotika Ferdinand de Saussure dan oleh Roland Barthes terutama mengenai hubungan tanda,petanda,dan penanda. Bagaimna cara memahami semua itu, saya sudah baca beberapa kali tetap saja kurang paham. Adakah metode yang tepat untuk memahamai semiotoka?

    Komentar oleh Akhmad B | November 6, 2007 | Balas

  40. saya mengerjakan skripsi semiotika iklan pake teori roland barthes. Dosen pembimbing saya minta tentang konsep lima tanda roland barthes.udah cari buku kemana-mana tapi tetap kesulitan. mohon bantuan teman-teman apabila ada yang tahu. kalo temen-temen ada yang tahu, tolong banget kirim ke arex_badongan@telkom.net please saya tunggu banget karena seminar proposal sebentar tinggal menghitung hari.

    Komentar oleh taufiqur rohman | November 8, 2007 | Balas

  41. ass…sy mhsiswa sastra inggris semester 5,sy lagi mw nyicil bikin skripsi,,cuman msih bingung pa yg mw diteliti,,,sy kebetulan ngambil konsentrasi translation.rencananya sy mw menganalisis novel british, yg original ma yg terjemahan,,jadi semacam analisis perbandingan gt,,cmn sy msh bingung pa yg mw dibandingin y?klo struktur semiotik pada novel tu macam pa?mohon bantuannya,,coz semiotik sprti apa sy jg g jelas2 amat,,mksh sblmny,,

    Komentar oleh anis | Desember 5, 2007 | Balas

  42. oh ya,,jgn lupa kl bisa bntu, bales ke anisa_dewi06@yahoo.com,,bwt temen2 yg ngerti n bisa bntu jg y,,

    Komentar oleh anis | Desember 5, 2007 | Balas

  43. saat ini saya lg mo skripsi. dan saya tertarik buat neliti perewmpuan dlm fim mengejar mas-mas. tlng dibantu gimana cara nganalisisnya coz saya mo pake analisis semiotik. kirim ke email saya donk.thnx,,,,

    Komentar oleh nur | Desember 5, 2007 | Balas

  44. bagi temen-temen yg mau sharing ttg skripsi semiotik bisa kontak saya lewat Y!M di: andra_widj@yahoo.com
    :)

    Komentar oleh andra | Desember 11, 2007 | Balas

  45. guys gw lagi neliti semiotika tentang perusahaan pertamina,ada yang punya bahan nggak??
    apa aja yang perlu gw persiapkan,tolong bantuin gw yak,,
    thx u banget.. mailist ke gw yak…

    Komentar oleh deden | Januari 16, 2008 | Balas

  46. nyari2 semiotika..ternyata mampir kesini…sudah lama gak baca2 lagi ttg semiotika.

    Komentar oleh dewa api | Januari 23, 2008 | Balas

  47. saya ingin informasi tentang semiotik dalam seni rupa yang masih belum banyak infonya, semoga ada yang punya buku maupun kajian ilmiah tersebut dapat mengirimkan infonya melalui e-mail saya tank’s(emandangkua@yahoo.co.id

    Komentar oleh suleman dangkua | Januari 24, 2008 | Balas

  48. senin tgl 4 februari 2008 akan kuliah lagi di semester 8.
    ada kuliah semiotika
    doain ya agar saya mengerti tentang semiotika
    love peace

    Komentar oleh Elly | Februari 1, 2008 | Balas

  49. om, saya sedang mengkaji semiotika film untuk skripsi saya. tapi 2 kali pertemuan pembimbing saya gagal krn pertanyaan dasar. hari ini sy punya PR dari pembimbing saya tentang :
    1. induk semiotika itu apa?
    2. apa saja bidang kajian komunikasi
    seandainya saya bisa dapat jawaban dari om fahri..saya akan sangat berterimakasih sekali..semoga pertemuan selanjutnya saya berhasil…:(

    Komentar oleh ngatini | Februari 18, 2008 | Balas

  50. Ass,
    saya IKA mahasiswi UIN jkt, saat ini saya kuliah semester akhir dan sedang mengerjakan skripsi. Saya tertarik untuk membahas analisis semiotik. Tp, saya bingung harus memulainya dari mana?? karena terus terang pengetahuan saya tentang analisis ini minim sekali. Tp saya tetap berkeinginan mengambil analisis semiotik ini untuk tugas akhir saya.
    Tolong bantu saya untuk mengerjakan skripsi ini.
    Saya tunggu balasan secepatnya. tolong di E-mail ke e-mail saya ya.
    Thx,
    wass….

    Komentar oleh IKA | Februari 19, 2008 | Balas

  51. saya budi, saya tertarik untuk mengkaji manga 20 th century boy dengan semiotika. apakah bisa membantu untuk refensinya?.

    terimakasih

    Komentar oleh budi | Februari 22, 2008 | Balas

  52. saya tertarik untuk mengkaji sosok “cepot” ikon sunda ini,sudah sangat eksis dalam perkancahan budaya sunda.bisa minta rekomendasi untuk mendapatkan data dalam segi semiotika seorang cepot.atau referensi buku mungkin???thanx

    Komentar oleh OJ | Februari 25, 2008 | Balas

  53. saya lg bikin skripsi.. analisis semiotika di iklan cetak..

    tp bener2 belom mudeng semiotika..

    help me..

    Komentar oleh Ferdy | Februari 27, 2008 | Balas

  54. Aku perlu bantuan nih…urgent!!!!
    aku mhswi STIKOM, dah skripsi dengan tema semiotik.
    Permasalahan muncul saat saya udah nyelesein bab 4 dan 5. kata pembimbing analisis yang saya lakukan kurang tepat, padahal aku udah usaha semaksimal mungkin. waktu untuk revisi udah mepet..HELP ME !!!!
    kalo ada yang mau bantuin aku, aku rela devh harus nyamperin….Pliiiisssss

    Komentar oleh ulfa lukfianti | Maret 6, 2008 | Balas

  55. oh yaa….saya ambil judul skripsi Analisis semiotik terhadap iklan produk ….di televisi. jadi saya menganalisa gambar atau visual secara semiotik….
    yang berkenan tolong bantuin saya…….

    Komentar oleh ulfa lukfianti | Maret 6, 2008 | Balas

  56. tolong dibalas ke imel saya
    blue22_ok@yahoo.com

    Komentar oleh ulfa lukfianti | Maret 6, 2008 | Balas

  57. Mas…
    sy mau tanya nih…mohon bantuannya…
    Kalo bedanya tanda sama kode itu dimana ya?
    Dalam semiotika, apakah tanda bisa juga disebut kode?
    mohon pencerahannya mas…

    reply at fredyusanto@yahoo.com please….thanks
    salam

    Komentar oleh freddy | Maret 9, 2008 | Balas

  58. ass.Mas,numpang ikut forum diskusinya ya…
    Pertanyaan dari tmn2 kok banyak amat yach…gimana cara jawabnya tuh…soalnya saya juga mau ngirim pertanyaan ttg semiotika.Ya semoga bisa dibantu.
    Terimakasih

    Komentar oleh Dania | Maret 17, 2008 | Balas

  59. Saya fika..saya mahasiswa komunikasi, saya mau mengambil skripsi yg berhubungan dengan semiotika yg ada didalam rumah adat, menurut anda saya dapat menggunakan teori apa saja dan judul yg baik tentang itu apa ya???
    tolong di reply ke email saya ya…makasi banyak!!!!

    Komentar oleh fika | Maret 20, 2008 | Balas

  60. Jika pemhaman semiotik seperti yang anda paparkan di atas, maka apa perbedaan antara semiotik dan semantik dalam sebuah karya sastra? apakah semiotik juga termasuk dalam metode/model dalam penelitian? dan kami membutuhkan pemahaman secara detail karena pembahasan tersebut menyangkut pembahasan yang akan dikaji dalam penelitian kami khususnya dalam semiotika sastra.
    thank’s, syukron, trim’s

    Komentar oleh fathur | Maret 24, 2008 | Balas

  61. BANTU SAYA…

    SAYA PERLU REFERENSI BUKU YANG MEMBAHAS SEMIOTIKA FILM.

    SAYA TUNGGU BALASAN EMAILNYA…

    TERIMA KASIH

    Komentar oleh adelina | April 3, 2008 | Balas

  62. ass..saya mahasiswi fikom mau ngambil judul skripsi tentang analisis iklan semiotika rolland barthes di media cetak. tapi sampai sekarang masih belum punya buku referensi yang mendalam tentang semiotika. buku-buku referensi yang bagus untuk penelitian saya apa saja ya?trimakasih bgt sebelumnya..

    Komentar oleh nita | April 4, 2008 | Balas

  63. ass. saya mahasiswa fikom saat ini sata sedang menyusun skripsi dan memantapkan diri untuk memakai kualitatif tinjauan semiotik, saya ingin meneliti tentang arti cover suatu majalah yang berbeda-beda untuk masalah referensinya saya harus liat buku siapa, karena saat ini saya hanya baca Alex Sobur, dan Lexy Moleong dan juga saya akan memakai pemikiran Charles Sanders Pierce apakah menurut anda cocok? di tunggu jawabannya

    Komentar oleh Irvan Firnaldi | April 7, 2008 | Balas

  64. Saya seorang Mahasiswa Sastra Inggris, saya sedang mengerjakam skripsi mengenai simbol tunas kelapa bagi pramuka indonesia,nah ini termasuk ke dalam bahasan semiotik, kira2 teori apa yang cocok?

    Komentar oleh Sugy | April 15, 2008 | Balas

  65. saya lagi meneliti kritik sosial dalam kariaktur harian kompas. saya lebih cocoknya menggunakan pendekatan semiotik sintagmatik dan paradigmatik atau menggunakan analisis wacana, koteks,ambigu.
    tolong kalo ada kirimkan artikel tentang kritik karikatur

    Komentar oleh perwanti meylia | April 18, 2008 | Balas

  66. hallo oOm…
    aKU mahasiswi FIKOM yang berencana untuk menyusun skripsi dengan judul “SAUNG ANGKLUNG UDJO SEBAGAI SIMBOLISASI PELESTARIAN BUDAYA SENI SUNDA”.Maksudnya adalah ingin mengetahui mengapa saung angklung udjo bisa menjadi dikenal untuk dijadikan pelestarian budaya seni sunda.Kemudian simbolisasi itu sama kan sama semiotik??Ksh saran judul dong,pliZZ…

    Komentar oleh Talya | April 22, 2008 | Balas

  67. Ass. Mas Fahri…
    mungkin sudah bosen ya dg pertanyaan imi? tp please…aku mohon mas fahri jelaskan lagi, bgmn si semiotika itu diterapkan dlm penelitian ttg film… soalnya aku juga lagi ingin meneliti tentang film menggunakan roland barthes. tp wkt baca bukunya Alex Sobur aku masih agak g ngerti juga.
    jadi jabaran DENOTASI, KONOTASI & MITOS yg dijabarkan Roland Barthes untuk melakukan penelitian semiotika khususnya di film itu seperti apa sih?
    aku tunggu jawabannya di emailku ya…(feb_1102@yahoo.com)
    sebelumnya trimakasih banyak
    wass.wr.wb

    Komentar oleh feby khesa | April 26, 2008 | Balas

  68. saya mau nanya menganalisa visual dari video pembelajaran menggambar caranya bagaimana?
    Tx U

    Komentar oleh rosydesigner | April 30, 2008 | Balas

  69. Aq perlu bantuan ney..penting banget..
    mau tau dong tentang kerangka pemikiran roland barthes dalam semiotika,,
    pengen neliti foto pake model roland barthes,,tapi buku bukunya susah banget dicarinya..
    tolong di email yah ke (lia_ciwa@yahoo.com)
    please mohon bantuannya,,
    tolong di email ya secepatnya..

    Komentar oleh aulia | Mei 13, 2008 | Balas

  70. apakah sudah ada asosiasi semiotik seni indonesia kalau sudah saya ingin bergabung karena ketika 3 tahun yll saya menghadiri asosiasi semiotik asia tenggara, rupanya dari indonesia tidak hadir walau ada beberapa tokoh semiotik bahasa dari UI, saya saat itu diundang atn mhs indonesia kebetulan saya sedang penelitian seni lukis kontemporer jepang di Jepang dengan menggunakan pendekatan semiotik, jika belum ada asosiasi semiotik seni saya kira perlu diadakan. menurut saya itu penting, karena hampir seluruh PT di luar negeri semiotik menjadi suatu departement, jurusan bahkan fakultas. tetapi di ind semiotik baru menjdi bagian dari perkuliahan yang disajikan dalam kurikulum. terimakasih mohon tanggapan.

    Komentar oleh Dr. Iswidayati, M.Hum | Mei 14, 2008 | Balas

    • Salam kenal bu Isdayati. saya adalah seorang mahasiswi Universitas Diponegoro semarang. saat ini saya sedang mencoba menggunakan teori semiotik untuk mengkaji sebuah film untuk skripsi saya. terusterang saya sudah sering membaca tentang teori semiotika, tapi masih kurang mengerti tentang penggunaanya dalam menganalisis film.bagaimana caranya menafsirkan tanda-tanda yang yang ada di sebuah film dengan benar. oleh sebab itu jika anda berkenan, tolong bantu saya. tolong balas email saya di momo_bulet@yahoo.com. saya akan sangat menunggu & mengahargai bantuan anda

      Komentar oleh ika | Juli 29, 2009 | Balas

  71. assalamualaikum…
    bagi2 ilmunya dong, pengen bkin skripsi tentang semiotika di komik strip Panji Koming (Kompas minggu)tapi masi bingung. dosen pembimbing bilang, uda ada yg pernah bikin itu, tp klo kamu bisa bkin dari sisi yg beda, boleh aja. naa…masalahnya di sini, gmna bkin bedanya. plis..bantuin yak. kita sharing aja gitu. bagi saran yak, lewat email ato YM. ASAP . thx b4.
    wassalamualaikum..

    Komentar oleh ree ya | Juni 15, 2008 | Balas

  72. binggung neh om…!!!pusing soal skripsi n semiotik. aku butuh bantuan mau nanya sedikit aja tentang perbedaan representasi ma konstruksi sosial dalam media massa??masalahnya skripsiku bahas tentang makna pesan dalam karikatur oom pasikom yang di Kompas. tuch cocoknya masuk dalam representasi atau konstruksi ya? sebelum dosen nanya, ya sapa tau aja seh. lagian kemaren ditanyain ma dosen ya itu tergantung mau pilih yang mana. jadi binggung. plizzzzz bgt tolong bantuin yah!!

    Komentar oleh dheny | Juni 25, 2008 | Balas

  73. lupa kirim emailnya ke dheny_201@yahoo.co.id
    tak tunggu balasannya ya!!!!

    Komentar oleh dheny | Juni 25, 2008 | Balas

  74. gw lg meneliti ttg cerpen ni,..
    kebingungan dalam analisis semiotiknya…
    sebenernya semiotik itu ada berapa macem sii,..
    harap yg baca en tau diblz,.thx…

    Komentar oleh ijoel | Juli 10, 2008 | Balas

  75. berbicara tentang semiotik, berarti mengenal tentang tanda dan makna disekitar dalam kehidupan. selain tanda, lambang dan simbol judga merupakan bagian dari tanda dalam semiotik.dari pernyataan tersebut mohon jelaskan sedikit tentang hal ini, atas perhatiannya terimakasih.

    Komentar oleh RUDI YUDISTIRA | Juli 17, 2008 | Balas

  76. lambang dan simbol (ikon dan indeks) juga bagian dari tanda???

    Komentar oleh RUDI YUDISTIRA | Juli 17, 2008 | Balas

  77. mohon bantuannya..
    peranan ilmu semiotika dalam menganalisis bahasa agama (naskah-naskah tarekat)..
    Tolong di balas ke email ku…. terima kasih……..
    wassalam…

    Komentar oleh isma darma yanti | Agustus 9, 2008 | Balas

  78. saya sedang menyusun penelitian tentang semiotik sosial dalam upacara perkawinan suku tertentu. mohon saran dan bahan yang berhubungan dengan penelitian saya.
    trims

    Komentar oleh dian | September 6, 2008 | Balas

  79. saya mau melkukan penelitian semiotik…dengan penelitian lagu ST 12 PUSPA..mohon saran dan bantuan dalam penelitian saya…teori apa yang pas buat penelitian saya…

    Komentar oleh bobi | September 12, 2008 | Balas

  80. saya saat ini sedang skripsi tentang semiotika iklan layanan masyarakat ttg pencitraan diri para capres tapi saya bingung apa yang menjadi titik beratnya, mohon bantuanya ….nuwun

    Komentar oleh candra | September 16, 2008 | Balas

  81. Saat ini saya sedang menganalisa fil animasi dengan menggunakan teori semiotik.
    Bisa memberikan referensi buku apa yang sesuai?
    karena tidak hanya buku mengenai teori semiotik saja, namun kajian film juga perlu..
    Bagaimana cara mengkaji film yang baik?
    apa yang perlu dilakukan?

    Terima kasih…

    Komentar oleh Margareta | September 23, 2008 | Balas

  82. Penelitian saya tentang representasi dalam film, saya pakai semiotika Barthes. Barthes itu sendiri kan sampai pada tahap pengungkapan mitos, tp saya masih bingung membedakan, pada analisis saya apakah sudah memunculkan mitos atau baru sampai pada tahap konotasi saja.
    Bagaimana untuk mengetahuinya agar tidak bias membedakan antara makna konotasi dan mitos pada analisis semiotika?
    Kalau bersedia harap dibalas melalui email saya.
    Terimakasih sebelumnya

    Komentar oleh Ria | Oktober 7, 2008 | Balas

  83. ass.mas saya diberi tugas oleh dosen saya tuk mengaji novel laskar pelangi dari segi semiotik,kira-kira saya mesti mulai darimana ya mas karena saya belum tahu betul apa itu semiotik.mohon bantuannya.thanks

    Komentar oleh mardiah fajri | Oktober 20, 2008 | Balas

  84. saya mahasiswa semester akhir yang ingin mengankat penelitian semiotik sebagai skripsi saya. mohon bantuannya mengenai literatur apa saja yang berhubungan dengan penelitian tersebut dan bagaimana mendapatkannya. Dan proses penelitian tersebut meliputi apa saja? trimaksih sebelumnya. kirim ke email: ijul_20thcentury@yahoo.com

    Komentar oleh zulkifli | Oktober 23, 2008 | Balas

  85. saya mahasiswi yg sedang meneliti simbol-simbol pada novel dracula. kajian yg saya teliti adalah historikalnya. kira2 jika saya menghubungkannya dg Vlad III dan perang salib bisa tidak ya?saya takut penelitian saya nanti tidak berdasar krn kurangnya teori2 yg menghubungkan keduanya. jika bisa, teori apa saja yg hrs saya gunakan? apakah teori semiotik saja atau ada lg yg lain spti struktural genetik. terima kasih sebelumnya, mudah2an anda bisa membantu saya. pipipeyot@yahoo.com

    Komentar oleh vivi | Oktober 26, 2008 | Balas

  86. asslmkm…
    emm… ternyata semiotik telah mengeryitkan dahi banyak orang!!
    tapi lan mah mau tetep smile ah…
    pnya cerpen bagus yang bisa dianalisis pake teorinya pierce??
    hatur nuhun sateuacanna

    Komentar oleh wulan | Oktober 29, 2008 | Balas

  87. Nah….
    Teeka juga ada kendala nih ma proses pencarian Teori palagi Semiotik,,, bukunya,,, mana mahal… kok agak gak nyambung yah???
    kebetulan aku mahasiswa Stikosa-AWS Surabaya, smter 7 jd dah mulai nyusun skripsi gt…
    Teeka tertariknya ma Iklan politik Sutrisno Bachir yg OK bgt…
    Bantuin Yah…
    Plisss!!!!!
    thx

    Komentar oleh teeka | November 11, 2008 | Balas

  88. saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya, tolong bantu saya mencari semua data teori Charless Sanders Peirce, baik definisi semiotik meneurut peirce, theory, maupun bioraphy peirce, serta referensi bukunya y!!!tlg blz ke e-mail saya, trims

    Komentar oleh wulan | November 12, 2008 | Balas

  89. saya juga sedang menyelesaikan skripsi semiotik dgn mnggunakan teori peirce…alangkah baiknya bila qita saling sharing…saya mau cari bukunya peirce dimana ya??tolong dibales ke email extenation_1601@yahoo.com makasih!!!

    Komentar oleh tena | November 21, 2008 | Balas

  90. haloo..
    saya yulist, dan saya juga lagi nyusun skripsi semiotika..saya bingung mesti pake semiotikanya siapa..saya ingin neliti lagu2 bertema “kampanye pemanasan global” karya nugie..kira2 bisa ga ya??dianalisis menggunakan semiotika??kalo ada yg bisa bantu email saya di yulist.biz@gmail.com..thanks…

    Komentar oleh yulist | November 25, 2008 | Balas

  91. saya sangat tertarik dengan semiotik dan ingin meneliti sebuah cerpen jerman dengan kerangka semiotik. tapi saya masih bingun…. kira-kira langkah apa saja yang harus saya ambil untuk meneliti cerpen tersebut… please kasih informasi tentang analisis struktural semiotik untuk sebuah cerpen or novel.. danke im voraus..

    Komentar oleh Uwik | Desember 22, 2008 | Balas

  92. saya sedang mengerjakan skripsi saya yang rencananya akan membahas tentang semiotik video klip bang dewa yang berjudul perempuan paling cantik di negeriku indonesia, mohon bantuannya ya untuk memberikan masukan…….mkci

    Komentar oleh iing | Januari 9, 2009 | Balas

  93. saya tu la bingung….dah beberapa kali judul saya ditolak bz kebetulan dosen saya tu rada killer gtu di kampus, kira” judul apa yang tepat untuk pembahasan yang akan saya bahas di skripsi saya nanti? trz sebenarnya makna semiotik sendiri itu apa cz dosen saya itu sukanya judul” yang ttg semiotik pdhl g smu mahasiswanya itu kn hrs paham ma yang namanya semiotik. kata orang-orang kalo semiotik tu lebih gampang pake teorinya Pierce daripada Barthes bener g ci…?knp bs bgtu???!!mohon banget sarannya ya

    Komentar oleh iing | Januari 9, 2009 | Balas

  94. salam
    apa ada yang udah meneliti tentang semiotika foto berita. saya hanya ingin menguatkan asumsi saya pada penelitian yang sedang dijalani dengan menggunakan penelitian2 yang udah ada.klo ada mhon bantuannya ya.
    tims
    salam takzim
    vq_mpoy@yahoo.com

    Komentar oleh vicky mrf | Januari 21, 2009 | Balas

  95. tolongin donk…sy lg bikin skripsi, rencananya dulu judulnya iconicity in submorpheme, tapi akhirnya sy nyerah coz sy binging sm corpusnya, cari article yang tepatnya susah. trz sekarang mau ganti, tetep tataran semiotika tapi pengen mengkaji simbol yang terdapat dalam novel, kira-kira bisa ngasih gambaran ga tentang novel yang bagaimana yang cocok untuk kajian yang seperti ini.
    Plizz bgt!!!

    Komentar oleh sulastri | Januari 23, 2009 | Balas

  96. sy mahasiswa fisip yg bru mo buat skripsi tp ad hubnya ttg semiotik, minta pndapat topik yg mnarik ttapi gak tlalu sulit buat di analisis, tq heeelp me pleeez, blank ud sminggu gak dpt wangsit n pncerahan

    Komentar oleh ferdi | Februari 3, 2009 | Balas

  97. saya mahasiswa Ilmu Budaya Unhas, mau nyusun skripsi tentang kota. Saya ingin menganalisi tentang dinamika sosial dan ruang kota dengan analisi semiotika. Teori apa yang bagus ya?…

    Komentar oleh Aminuddin | Februari 14, 2009 | Balas

  98. bagaimana menurut anda jika analisa semiotika diterapkan untuk huruf braille? jika anda mau membantu email ke idruz_29@yahoo.com
    rgrds…

    Komentar oleh Fachrur | Februari 17, 2009 | Balas

  99. saya mahasiswa komunikasi yang mau mengerjakan skripsi dengan menganalisa novel harry potter. kira-kira bisa ngga judulnya begini: Harry Potter-suatu tinjauan semiotika. habis kata temen saya skripsi semiotika komunikasi itu perlu ada problematika komunikasi. kalau membedah novel, itu sih kerjaannya mahasiswa sastra. Please, tolong dong. Siapa aja yang punya contoh skripsi ilmu komunikasi dengan analisis semiotika, wacana atau framing kirim ke saya di farawaychan@yahoo.com
    trims bangeeeet!

    Komentar oleh Farah | Februari 18, 2009 | Balas

  100. semiotika bisa dilandasi oleh konstruksi sosial???

    Komentar oleh TRIA | Februari 20, 2009 | Balas

  101. ass…….
    eh nih skarang sya lagi bikin tesis tentang Televisi dan pendidikan dengan menggunakan cultural studies sbgai cara pandangnya..
    eh gimana yah bagusnya penelitian itu, fokus penelitian maksudnya…
    tolong commentnya yah sebagai perbandingan skaligus saran hehe

    Komentar oleh ido superb | Maret 4, 2009 | Balas

  102. tolong yah commentnya klw bisa kirim dong ke komunitasbelajar@yahoo.com

    Komentar oleh ido superb | Maret 4, 2009 | Balas

  103. Slm
    Sy mhs komunikasi pngin bkin skripsi ttg iklan politik dmedia cetak..
    Kr2 bs a ya iklan partai politik dianalisis pke semiotik??tlg dunks bntu gmn caranya???
    Sapa aja yg bs bntu tlg yah krim sarannya ke dhe_javue@yahoo.com
    Mksie….=D

    Komentar oleh Dini | Maret 6, 2009 | Balas

  104. asslamualaikum,saya mo nyusun skripsi,dan saya mengambil judul analisis semiotika Al-quran terjemahan berbahasa indonesia.aekarang saya mengalami kesulitan dalam mencari sumbernya.saya mohon bantuanya,sumbernya yang tepat bagusnya apa?

    Komentar oleh fauzia | Maret 14, 2009 | Balas

  105. asslamualaikum,saya mo nyusun skripsi,dan saya mengambil judul analisis semiotika Al-quran terjemahan berbahasa indonesia.aekarang saya mengalami kesulitan dalam mencari sumbernya.saya mohon bantuanya,sumbernya yang tepat bagusnya apa?kalau mo membantu milis ke fyenitafitri@yahoo.com

    Komentar oleh fauzia | Maret 14, 2009 | Balas

  106. Salam

    saya akan mulai menyusun tugas akhir, sangat tertarik dengan analisis semiotika. sama dengan farah (feb 18, 2009), saya juga ingin meneliti Harry Potter. Jujur saya masih sangat asing dengan semiotika, dan bingung mau ambil angle apa dlm penelitian saya. untuk Farah, dosen saya pernah bilang “communication is omnipresent – komunikasi ada dimana-mana”, jadi, tinggal tentuin aja angle komunikasinya. mohon masukan dari yang lainnya juga. terimakasih.

    Komentar oleh prima | Maret 15, 2009 | Balas

  107. ass.wr.wb. salam kenal mas…, saya lagi buat tesis tentang analisis media (komik semi porno), dan saya bingung mau pakai teori apa. bisa bantu gak? tujuan penelitian yang akan saya teliti adalah sebagai berikut ;
    untuk mengetahui proses atau tahap2 pacaran yang digambarkan dalam komik)itu seperti apa. kemudian saya juga ingin mengetahui interpretasi pembaca tersebut. terima kasih.

    Komentar oleh ois | Maret 27, 2009 | Balas

  108. Assalamaualaikum…
    saya sedang melakukan penelitian mengenai iklan visual berdasarkan pendekatan semiotik charles sanders peirce ni, pola penelitiannya seperti apa ya???? can u help me???

    Komentar oleh areen | Maret 31, 2009 | Balas

  109. Ternyata banyak yang suka semiotika ya?

    Komentar oleh ki harsono siswocarito | April 2, 2009 | Balas

  110. slamat siang,, saya sedang meneliti iklan televisi vitalong C versi wanita karier terhadap representasi perempuan dlam iklan tersebut dalam kajian feminisme..metode semiotik siapa yang saya pakai??apakah John Fiske atau Pierce, atau Saussure??dan buku apa yang bagus unutk problem saya?trimaksih,, ditunggu jawabannya.

    Komentar oleh karina | April 16, 2009 | Balas

  111. wah,ternyata banyak jg y,,yang membahas tentang semiotik,kbtlan saya jg numpang nanyak,saya jg mengambl judul skripsi tntang semiotik,objeknya Nasyid,tp saya lagi cari nasyid yg cocok untk di kaji apa y,,tlg pencerahanya,,pleasee.bals ke fyenitafitri@yahoo.com

    Komentar oleh fauzia | April 17, 2009 | Balas

  112. ass…
    aku minta masukan donk…
    aku lagi mulai nyusun skripsi…
    beberapa kali dibingungkan sama dosen pembimbing..aku nyoba skripsi tetang konstruksi pencitraan pria pada iklan perawatan tubuh pria di televisi.pake analisis semiotik…masalahnya masih bingung iklan apa yang pas buat penelitian ini…please kasih masukan yaa
    kirim ke email aq chiku_hooku@yahoo.com
    thanks semuanya

    Komentar oleh septinda ayu pramitasari | April 20, 2009 | Balas

  113. ass, saya mau meneliti (skripsi) tentang onomatope dalam komik. apakah pake teori semiotika atau semantik??? kalo pake semiotika, pake teorinya siapa???

    Komentar oleh Arif | April 24, 2009 | Balas

  114. askum,saya ine skarang lagi ngurus skripsi tentang penggambaran perempuan dalam iklan,,dan masih bingung tentang Psikologi warna, John Fiske (mengartikan tanda menurut warna)..tolong bantu saya yah dan trimakasih..balas email ya mas Fahri,salam knal.

    Komentar oleh karina | Mei 6, 2009 | Balas

  115. saya mahasiswi fikom jurusan periklanan, saya mau ambil skripsi mengenai semiotika logo koran Media indonesia yang baru kira-kira yang dibutuhkan apa aza trus nyari bukunya apa aja ya?

    Komentar oleh Elysa | Mei 29, 2009 | Balas

  116. wah emang aghak ribet ternyata komunikasi, pusing lagi buat skripsi neh..

    Komentar oleh beasiswa s1 | Juni 2, 2009 | Balas

  117. Saya mau meneliti tentang SMS anak remaja yang sering kurang bisa dipahami. Kata dosen saya, memakai pendekatan semiotik. Saya masih binggung landasan teori apa yang harus saya pakai. Mohon petunjuknya. Ada yang bersedia membantu? Terima kasih sebelumnya. Tolong dikirim ke email saya seandainya ada yang mau membantu.

    Retno Sri Utami
    retno_111@yahoo.co.id

    Komentar oleh Retno Sri Utami | Juli 18, 2009 | Balas

  118. saya sedang membuat tugasan mengenai penggunaan semiotik dalam komunikasi verbal atau nonverbal,jadi di sini saya ingin bertanya bagaimana semiotik itu memaparkan dalam komunikasi?terima kasih.tolong dikirim ke e-mail saya..

    Komentar oleh wyzie | Juli 25, 2009 | Balas

  119. Untuk adik-adik yang mau bertanya lebih lanjut mengenai pendekatan semiotika dari Saussure, Charles Sanders Pierce, Roland Barthes sampai Seymour Chatman, silakan kirim pertanyaan ke bapaknyahugo@hotmail.com. Semoga bisa membantu. Terima kasih.

    Komentar oleh paul heru wibowo | Agustus 10, 2009 | Balas

  120. assalamualaikum,,,saya sedang mencari judul yang pas nih buat judul skripsi,kira-kira bisa ga sih kita meneliti bahasa koran dengan menggunakan teori -teori dari semiotik?makasi

    Komentar oleh ZIZI | September 25, 2009 | Balas

  121. ass.
    saya sedang menganalisa makna iklan di majlah matra iklan mobil apv dengan menggunakan pendekatan roland.B tetapi sampai sekarang saya masih mengalamu kesulitan dalam mencari buku tentang semiologi roland barthes. dalam menganalisis iklan, hubungan antara penanda-petanda-tanda itu seperti apa? lengkapi dengan contohnya ya…tolong dibalas ke mailing

    Komentar oleh wulan | September 27, 2009 | Balas

  122. ass.
    saya minta bantuannya,saya ingin mengambil reog ponorogo sebagai bahan skripsi saya dengan menggunakan analisis semiotik yg mana ya yg kira2 cocok??
    tolong dikirim ke email saya dan tolong dijelasin bagian beserta contoh ,agar saya dapat lebih memahaminya.terimakasih sebelumnya
    wass

    Komentar oleh ujja | Oktober 12, 2009 | Balas

  123. semiotika itu bisa diterapkan pada individu gak? yang aku baca sebagian besar cuma membaca teks atau hanya mengamati benda seperti iklan dll. Jadi semiotika itu bisa diterapkan pada sebuah kelompok gak? trus metode penelitiannya gimana?

    Komentar oleh yuli | November 11, 2009 | Balas

  124. saya mw analisis semiotika logo telkom yang baru kira2 pake teori apa ya…..

    saya juga tertarik analisis semiotik konstruksi pencitraan pria dalam iklan perawatan tubuh… kira2 iklan apa n pake teori apa???

    Komentar oleh Gusti | November 25, 2009 | Balas

  125. saya mau meneliti mengenai representasi kue terhadap acara2 penting… jadi saya mau menggunakan teori semiotika menurut anda apakah bisa?? tolong kirim ke email saya mengenai penjelasannya di mynameis_sheila@yahoo.com
    terima kasih

    Komentar oleh sheila aws | November 27, 2009 | Balas

  126. pengen analisis semiotik iklan nee..

    analisis semiotik konstruksi pencitraan pria dalam iklan perawatan tubuh… kira2 iklan apa n pake teori apa???

    atau iklan laen yang bisa diteliti dari kajian komunikasiii…
    tolong saya… kirim ke email z g_tenkz@yahoo.co.id

    thanks :)

    Komentar oleh Gusti | November 28, 2009 | Balas

  127. sahabatku yang baik!!! mohon bantuanmu, aku sedang menulis disertasi tentang kajian makna/semiotik untuk sebuah simbol. balas ya!

    Komentar oleh budiwirman | Februari 19, 2010 | Balas

  128. saya mau ngerjain skripsi semiotika film ipin upin tapi belum tau apa yang mau saya angkat temanya.kasih saran dunk. terima kasih!!

    Komentar oleh ria | Mei 4, 2010 | Balas

  129. Ass. Aku lagi ngerjain skripsi “analisis semiotik pesan verbal dan nonverbal dalam film Ketika Cinta Bertasbi 1″, tolong kasi saran donk, tolong ya mas.. thanks..

    Komentar oleh irham mashuri | Mei 21, 2010 | Balas

  130. mas, mohon bantuannya.

    aq lg bikin skripsi film tp arti corpus apa sih mas??

    trus istilah itu bisa dicari di buku apa ya?

    mohon balesannya segera ya mas. soalnya aq cm punya waktu 1 minggu lg buat ujian. ( _ _ )

    Komentar oleh Denny | Juni 5, 2010 | Balas

  131. saya dita sedang menyusun skripsi tnt semiotika wanra pada iklan provider…gmna ya awalnya mendingan dari sudut pandang pembuatnya ato pembentukan karakter id kahalayaknya melalui warna

    Komentar oleh andita garnia | Juli 27, 2010 | Balas

  132. saya lagi skripsi tentang diskriminasi perempuan dalam film perempuan punya cerita,.. tapi saya masih bingung apa yang harus saya tekankan dalam penelitian ini,.. mohon bantuannya tolong bales keemail saya ya,.. trims

    Komentar oleh yunika mardiati | Agustus 4, 2010 | Balas

  133. saya bobi,mahasiswa muhammadiah bengkulu,lagi nyusun skripsi tentang kajian semiotik dalam novel biru,tapi saya bingung,saya mohon bantuanya ya,tlong balas ke email saya ya,,,,,thanks

    Komentar oleh bobi ariansyah | Agustus 11, 2010 | Balas

  134. by jabon

    semua tanda ada maknayna ya ,,??

    Komentar oleh jabon | Agustus 18, 2010 | Balas

  135. bagi teman² yg berminat dengan semiotika, bisa sharing dengan saya di Y!M: andra_widj, atau kirim email ke: andr.widj@gmail.com

    andra

    Komentar oleh andra | September 2, 2010 | Balas

    • saya sangat tertarik dengan semiotik.. namu ada satu yang bkin saya bingung,, penelitian kualitatif mengharuskan adanya kebasahan data terutama trianggulasi terutama sumber… kemudian ketika penelitian tentang film luar negeri,, apa harus kita mencari sumber sampai ke sutradara luar negeri?? apa syarat keabsahan sumber tetap berlaku apabila tidak menemukan sumber tersebut?
      bls adiozdendi99@gmail.com

      Komentar oleh adiozdendi | November 8, 2011 | Balas

  136. Mau minta saran nih mas..
    Buku tentang analisis semiotika yg lengkap dan jelas apa ya?
    Thanks.

    Komentar oleh Silvia Florensia | Oktober 19, 2010 | Balas

    • cari saja buku semiotik,

      Komentar oleh adiozdendi | November 8, 2011 | Balas

  137. Apakah suara termasuk semiotika ???

    Komentar oleh rahadi | Oktober 21, 2010 | Balas

  138. Dalam menganalisa sebuah makna semiotik budaya kira-kira sebaiknya hal apa yang terlebih dahuli kita perhatikan

    makasih sebelumnya//////….

    Komentar oleh Dedi Irawan | Oktober 25, 2010 | Balas

  139. Waduh, list komennya panjang banget yah… Rata2 mahasiswa yg mau bikin thesis. Saya jadi ragu, dosen semiotik mereka itu mengajar apa ga yah… heheheee..

    Komentar oleh Rima Rachmatika Riza | Oktober 26, 2010 | Balas

  140. sy mhs komunikasi,gni sy lgi ttarik dg penelitian bhsa alay yg ahir2 ni ngtren di kalangan remaja kususnya sy fokus ttg pnulisan bhs alay yg marak di facebook..klo msalnya tu disikronkan dg kajian semiotik kira2 bsa ga ya klo bs sy hrs mulai dr mana n klo ga bs content analisys lain pa yg bs relevan dg pnelitian tsb…mhn sgra jwbnnx,trimz b4

    Komentar oleh debito | November 5, 2010 | Balas

  141. sy mahasiswa bastra arab, lg bingung nylesein analisis bahasa dari sebuah syair sastra,,tapi bingung banget nganalisisnya,, please help me, dari yang pernah sy baca, ada 3 jenis simbol(rumuz),, sy kebingungan nyari referensi tentang rumuz itu sendiri dan cara nganalisinya,,misal dalam satu bait puisi,, cara menemukan rumuz tsb gmn? dan menganalisisnya gmn?

    Komentar oleh reyyan | Februari 16, 2011 | Balas

  142. sy mw tnya,sya sdang menyusun skripsi tntang simbo dan makna dlm teks kesenian tradisional, sya msh bngg tentang teori dan cra analisisnya, tlg beri cntoh analisis & teorinya..terimkasih

    Komentar oleh zidnie | Februari 21, 2011 | Balas

  143. Terima kasih untuk artikelnya,..tentang teori teori Pierce.
    saya mahaiswa pasca jurusan bahasa dan sastra Indonesia. tolong berikan info tentang teori yang sama apabila anda memiliki referensinya juga

    Komentar oleh ayi | April 1, 2011 | Balas

  144. saya mahasiswa komunikasi tingkat akhir, skrg saya sedang menyusun skripsi menggunakan semiotika roland barthes. tapi saya masih bingung tentang kerangka pemikirannya, bisa tolong beri pencerahan?
    atau dimana ya saya bisa dapet buku semiologi roland barthes kurniawan udah saya cari tp ga dapet. tolong balas ke email saya betharia2305@gmail.com
    thanks sebelumnya

    Komentar oleh betha | April 18, 2011 | Balas

  145. ass.
    saya mahasiswa komunikasi tingkat akhir, skrg saya sedang menyusun skripsi menggunakan semiotika roland barthes. tapi saya masih bingung tentang kerangka pemikirannya, bisa tolong beri pencerahan?
    atau dimana ya saya bisa dapet buku semiologi roland barthes kurniawan udah saya cari tp ga dapet. tolong balas ke email saya betharia2305@gmail.com
    thanks sebelumnya

    Komentar oleh betha | April 18, 2011 | Balas

  146. askum..
    saya mahasiswa UM jur sastra arab..
    saya tahap pembuatan skripsi tentang analisis semiotik dalam surat al kahfi..
    saya butuh masukan dan bantuan anda..
    tolong kirimkan k alamat email saya..
    obeth.cool@yahoo.com

    Komentar oleh obeth | Mei 17, 2011 | Balas

  147. Ass.
    saya mahasiswa Sastra inggris.
    sekarang saya baru memulai menyusun skripsi dengan kajian semiotik.
    namun, saya masih bingung bagaimana mengaplikasikan kajian tersebut terhadap film yang berjudul “The Number 23″ sebagai objek penelitiannya.
    Teori-teori apa saja yang sesuai dengan kajian skripsi saya ini.?
    mohon bantuannya
    ditunggu segeran balasannya ke email saya : dinisriistiningdias@gmail.com

    Komentar oleh Dias | September 13, 2011 | Balas

  148. halo.. saya saat sedang mengerjakan skripsi mengenai pemaknaan pada cover majalah tempo edisi 19-25 september 2011. saat ini saya sedang kesusahan mengungkapkan arti dari tangan kanan dan kiri yang berhubungan dengan politik, dan juga arti dari kipas anyaman bambu.. adakah yang mempunyai link untuk di sharekan dan adakah buku yang bisa mengungkapkan hal tersebut. saya mohon kesediannya untuk membantu.. terima kasih yang sangat banyak..

    Komentar oleh amak | Oktober 14, 2011 | Balas

  149. ass……..
    saya ada tugas menganalisis puisi Karangan Bunga karya Taufik Ismai berdasarkan kajian semiotika,,,
    ada yang bisa bantu saya..?

    Komentar oleh liecha | November 4, 2011 | Balas

  150. salam kenal semua gw anak komunikasi dan skrng gw lagi bingung untuk judul skripsi, garis besarnya sih saya mau ngambil simbol2 dari musik reggae, kira2 ada yg mo bantuin gitu buat menyelesaikan jdul besarnya :) please ke email saya tmonkey22@yahoo.com

    Komentar oleh nato | Januari 15, 2012 | Balas

  151. pengen share niiii…. sebenernya si john fiske itu lebih merujuk pada saussure atau pierce yaaa?? tolong duunk.. :))

    Komentar oleh monique | Januari 22, 2012 | Balas

  152. oiya lupa…share to my email : moniquet.sarie@yahoo.com yaahh tengkiu ^_^

    Komentar oleh monique | Januari 22, 2012 | Balas

  153. hai..saya sedang binggung u/ menentukan judul skripsi saya, saya ingin menganalisis semiotik dalam penjagaan kode negara…ehmm apa mungkin sy bisa melakukan penelitian tersebut??jika ia mohon petunjuknya
    trimah kasih :)

    Komentar oleh prima | Maret 19, 2012 | Balas

  154. hay……… saya lagi bingung neh tentang penelitian skripsi saya yaitu iklan rokok la lights versi ‘rumput gue lebih asyik dari rumput tetangga’, bisa kasi masukan gak kenapa disitu modelnya kambing? kenapa gak hewan makan rumput lainnya misalnya sapi. tolong balas ke email saya: fransiska.sartika02@gmail.com

    Komentar oleh kha | April 17, 2012 | Balas

  155. permisi… mau numpang nanya. saya mahasiswa jurnalistik semester akhir, sdng ingin mengajukan proposal skripsi. tertarik dengan semiotika. tertarik pula dengan karikatur. bisa memberi masukan atau referensi? hehehe. terima kasih. ini email saya: natasha.gowandi@gmail.com

    Komentar oleh natasha | Mei 5, 2012 | Balas

  156. permisi, saya sedang penelitian skripsi semiotika memakai roland barthes yang saya mau kaji adalah sindiran dalam stand up comedy,kira2 bisa engga ya judul seperti itu? sharing2 tentang semiotika yuk, email aja ya ke rizkikautsar@yahoo.com .terima kasih

    Komentar oleh rizki kautsar | Mei 23, 2012 | Balas

  157. saat ne saya sedang membuat analisa yang berkaitan dengan semiotika yaitu sistem tanda namun saya masih bingung dengan teori tersebut,..bisa ga yea minta tlg mengenai penjelasan teori semiotika tersbut,…trims….

    Komentar oleh Hasta Pangestu | Agustus 9, 2012 | Balas

  158. saya mhsiswa kmunikasi sedang skripsi mnggkt judul “representasi budaya betawi dlm tyangan si doel ank skolahan”, sya mnggunakanteori semiotika tp bngung semiotika mnurut siapa ya yg pling ccok.. tolong d bntu ya bisa bls by email di pungki.novaliana@gmail.com trims

    Komentar oleh pungki lestari | November 16, 2012 | Balas

  159. I actually Believe that blog, “Semiotika: Tanda Dan
    Makna PERSPEKTIF” ended up being fantastic!
    Icouldn’t see eye to eye with you more! At last looks like I reallydiscovered a blog website worth reading. Many thanks, Charline

    Komentar oleh http://bing.com | Februari 15, 2013 | Balas

  160. tolong bantu, saya mhsswa fkultas agama islam, buat skripsi dg judul
    “kontribusi nilai2 penddkn islm dlm novel ayat2 cinta krya hbiburrhmn elshrazi pd prilaku mhsiswa FAI”,
    sya pakai semiotik yg gimna? bingung bgt….
    tolong kirim ke email sya ya….

    Komentar oleh roudho | April 10, 2013 | Balas

  161. tolong bantu, saya mhsswa fkultas agama islam, buat skripsi dg judul
    “kontribusi nilai2 penddkn islm dlm novel ayat2 cinta krya hbiburrhmn elshrazi pd prilaku mhsiswa FAI”,
    sya pakai semiotik yg gimna? bingung bgt….
    tolong kirim ke email sya ya….

    Komentar oleh roudho | April 10, 2013 | Balas

  162. tolong bantu, saya mhsswa fkultas agama islam, buat skripsi dg judul
    “kontribusi nilai2 penddkn islm dlm novel ayat2 cinta krya hbiburrhmn elshrazi pd prilaku mhsiswa FAI”,
    sya pakai semiotik yg gimna? bingung bgt….
    tolong kirim ke email sya ya….
    arowzoo@yahoo.com

    Komentar oleh arowzoo@yahoo.com | April 10, 2013 | Balas

  163. …tolong bantu bagaimana saya bisa mendapatkan referensi buku semiotika komunikasi dengan komunikasi pembangunan?…terima kasih.

    Komentar oleh penampilan | April 11, 2013 | Balas

  164. Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon on a daily basis.
    It will always be useful to read articles from other writers and use a little something from
    other sites.

    Komentar oleh complete pos system | April 26, 2013 | Balas

  165. Saya sedang meneliti analisis semiotika komunikasi antar budaya dalam film crash..saya bgung mw mulai drmna untuk membuat proposal,saya blm mengerti mngenai semiotika dan butuh referensinya..mohon bantuan..(lia.amanda12@gmail.com)

    Komentar oleh liariska | Januari 29, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: